LOMBA CIPTA MENU MAKAN SIANG B2SA DALAM RANGKA HARI IBU

  • Dec 18, 2023
  • NGARUS-PATI

NGARUS -Bahan makanan lokal ketika dikemas dengan menarik maka akan memiliki nilai dan daya tarik tersendiri.  Hal ini terbukti dengan adanya beragam olahan bahan lokal non beras dan non terigu yang diadu dalam ajang Lomba Cipta Menu Makan Siang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbahan Dasar Ikan Non Bandeng untuk cegah Stunting, PKK Desa Tahun 2023, Minggu (17/12).

Lomba yang digelar Aula Desa Ngarus diinisiasi oleh  TP PKK Desa Ngarus. Hadir sebagai tim juri yakni perwakilan dari TP PKK Kecamatan Pati, Ahli gizi dari Puskesmas Pati 1, Institusi Pendidikan SMK 3 Jurusan Tata Boga.

“Sedangkan kriteria penilaian yakni keseimbangan porsi, keanekaragaman bahan, kreativitas, cita rasa dan cara penyajian,” terang  Ketua TP. PKK Desa Ngarus Ibu Muliana Didik Suhariyadi.

Dalam laporannya, Ibu Muliana mengungkapkan bahwa peserta terdiri dari 8 RT. Para peserta tersebut diwajibkan menyajikan beragam menu makanan sehari-hari yang terbuat dari aneka bahan pangan lokal seperti pisang, ubi, singkong, jagung, kentang, dll yang diolah menjadi pengganti nasi dan berbahan dasar ikan Non Bandeng, Menu tersebut kemudian dipadukan dengan sayur, lauk pauk dan buah yang disajikan secara menarik dan unik.

Terpilih sebagai tiga pemenang lomba Cipta Menu B2SA  yakni :

Juara I          : Desa Ngarus RT 01

Juara II         : Desa Ngarus RT 02

Juara III        : Desa Ngarus RT 04

Piala penghargaan dan uang pembinaan bagi para pemenang diserahkan langsung oleh  Ketua TP PKK Desa Ngarus. Kemudian dilanjutkan dengan mencicipi aneka menu makanan yang disajikan oleh para peserta.

Ketua TP PKK Desa Ngarus, Ny. Muliana Didik Suharyadi mengungkapkan bahwa tujuan utama diadakan lomba tersebut adalah untuk membudayakan pengolahan pangan lokal dengan memperhatikan unsur B2SA yang memenuhi unsur karbohidrat, protein, maupun vitamin & mineral dalam menu makanan sehari-hari masyarakat .